Akhiran Di Belakang Nama

Sering menemukan akhiran-akhiran seperti: ~san, ~kun, ~chan, ~sama, dll dibelakang nama seseorang? Kali ini kita akan membahas hal tersebut.

Dalam masyarakat Jepang, saling menghormati antar manusia adalah hal yang utama. Salah satu contohnya adalah menggunakan akhiran tertentu saat memanggil/merujuk nama orang lain. Penggunaan akhiran tertentu terhadap nama orang lain juga dapat menunjukkan derajat/posisi orang tersebut di mata orang yang memanggilnya dan sebaliknya.

Apa bisa tidak memanggil nama orang lain tanpa akhiran? Jawabannya adalah BISA. Hal tersebut tidak serta merta menunjukkan bahwa yang memanggil tidak menghormati/menghargai orang yang dipanggil. Ini bisa digunakan jika kedua orang tersebut (yang memanggil & dipanggil) sudah sangat akrab atau yang memanggil mempunyai posisi/derajat sosial (keluarga/pekerjaan,dsb) yang lebih tinggi dari yang dipanggil. Hal ini bahkan menunjukkan keakraban yang kental diantara kedua orang tersebut.

Berikut adalah beberapa akhiran yang umum digunakan di belakang nama orang lain disertai maknanya:

1. ~SAN
Akhiran ini umum digunakan. Bisa ditujukan kepada laki-laki/perempuan. Saat menyebut nama orang lain kemudian diakhiri dengan ~san berarti yang memanggil menghormati orang yang dipanggil. Ini juga menunjukkan bahwa kedua orang tersebut masih belum akrab/masih menjaga jarak.

~SAN tidak hanya mengakhiri nama seseorang, bisa juga mengakhiri tempat bekerja/perusahaan/pekerjaan orang yang dipanggil. Contoh: Honya-san (penjaga/pemilik toko buku), Kurumaya-san (tukang becak (yang ditarik oleh orang))

2. ~KUN
Biasanya ditujukan kepada anak kecil/remaja laki-laki yang lebih junior/muda dari yang memanggil. Sering juga digunakan oleh wanita kepada laki-laki dewasa yang mempunyai kedekatan emosi (biasanya pasangan) atau sudah mengenal lama/akrab.

Walaupun umumnya ~kun ditujukan kepada laki-laki, namun bukan hal yang mutlak. Bisa juga ditujukan kepada wanita jika sudah akrab, mempunyai hubungan keluarga dekat, atau junior di sekolah/perusahaan. Dengan panggilan ~KUN wanita akan terkesan tomboy.

3. ~CHAN
Digunakan kepada anak kecil/remaja wanita yang lebih junior/muda dari yang memanggil. Panggilan ini sering juga disandingkan dengan nama artis idola (laki-laki/perempuan) dengan maksud akrab/kasih sayang.

Umumnya nuansa yang didapat adalah nuansa manja.

4. ~SAMA
Adalah panggilan kehormatan. Biasanya nama yang disandingkan dengan ~SAMA adalah orang yang sangat kita hormati. Bisa kepada orang yang tingkatan jabatan/sosialnya jauh diatas kita, atau kepada orang yang sangat berjasa pada kehidupan kita.

5. ~DONO/TONO
Termasuk panggilan kehormatan. Bisa diartikan “Tuan”. Panggilan ini jarang digunakan dalam keseharian.

6. ~SENPAI/KOUHAI
SENPAI adalah senior sedangkan KOUHAI adalah junior. Ucapan ini sering digunakan untuk memanggil senior/juniordi sekolah, kantor, tempat berlatih bela diri (doujo), dsb.

7. ~SENSEI
Ucapan ini juga merupakan panggilan kehormatan. Umum digunakan saat memanggil nama guru namun tidak terbatas pada itu saja. Panggilan SENSEI juga digunakan untuk profesi-profesi lain yang mempunyai keahlian khusus seperti; dokter, hakim, pengacara, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa panggilan yang menyertai nama orang lain yang umum digunakan dalam keseharian. Sebenarnya masih ada yang lain namun tidak sering digunakan.

 

 

source

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: